Headlines News :

web widgets
Home » » Makna Goresan Kilat yang Luar Biasa

Makna Goresan Kilat yang Luar Biasa

Written By Unknown on Selasa, 18 Juni 2013 | 02.12



Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan generasi muda, sudah selayaknya menjadi wadah pilihan utama bagi pembinaan generasi muda. Terlebih organisasi ini memberikan porsi pembinaan yang sama terhadap Pramuka yang memeiliki kebutuhan khusus.

Salah satunya melalui kegiatan Pertemuan Pramuka Luar Biasa/Berkebutuhan Khusus Tingkat Nasional yang lazim disebut PPLB Nas. Kegiatan tingkat nasional ini dalam setiap pelaksanaannya selalu mendapat respon positif baik bagi anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas.

Pada penyelenggaraan PPLB Nas Tahun 1994 peserta terdiri dari Pramuka Penggalang dan Penegak. Setiap Kwarda diperkenankan mengutus peserta beserta pendampingnya sebaganyak 122 orang. Hingga total peserta pada tahun 1994 mencapai 3.294 orang utusan 27 Kwarda se-Indonesia.

Pada kegiatan yang dilaksanakan sejak 14-18 Agustus 1994, peserta mengikuti berbagai kegiatan. Mulai dari Mental Spiritual dan Ideologi Pancasila, Ketangkasan dan Kesehatan, Keterampilan dan Kecerdasan, Karnaval lengkap dengan Kegiatan Api Unggun dan Wisata. Pembina Pendamping yang hadir mengikuti Lokakarya Pembina seputar pengembangan metode dan kegiatan pramuka luar biasa/berkebutuhan khusus.

Kegiatan PPLB Nas Tahun 1994 juga semarakkan denan bergemanya lagu Mars PPLB Tingkat Nasional dan Hyme Pramuka Luar Biasa yang diciptakan Kak Emuch Mukhlis yang ditetapkan dalam SK Ketua Kwarnas No 057 Tahun 1994.

Sedangkan Logo kegiatan PPLB Nas Tahun 1994 digambarkan dengan adanya goresan kilat diantara Gambar Sulluet Tunas Kelapa dan Tenda dengan lima sosok Pramuka yang mewakili golongan kecacatan. Konon Goresan kilat tersebut bermakna dinamika perjalanan untuk meraih cita-cita dan harapan.

[Humas Kwarnas/Dd]
Foto Dok Humas Kwarnas
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DEWAN KERJA RANTING JUMANTONO - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template